Wisata Malaysia – Pulau Perhentian

Sharing ke rekan kamu Pulau Perhentian mungkin terdengar asing, tidak biasa, serta aneh buat anda. Memang pulau ini kurang demikian diketahui oleh pelancong yang berasal dari Indonesia. Sejumlah besar pelancong dari Indonesia bertandang ke Kuala Lumpur pada waktu berekreasi ke Malaysia, hingga banyak dari kita yang tidak paham jika Malaysia memiliki beberapa pulau tempat arah wisata yang indah, contohnya Pulau Redang, Pulau Tioman, serta Pulau Perhentian.

Baca juga : jalan menuju pantai sendiki dan camping di pantai sendiki


Pulau Perhentian

Meskipun kurang populer buat pelancong Indonesia, buat pelancong Malaysia, Pulau Perhentian adalah pulau wisata yang populer akan keindahannya. Pulau yang adalah sisi dari daerah Terengganu, Malaysia ini terdiri jadi 2 sisi, yakni Pulau Perhentian Besar, serta Pulau Perhentian Kecil. Ke-2 pulau ini adalah satu diantara obyek wisata di Malaysia yang paling favorite serta banyak didatangi pelancong sebab memiliki pantai dengan pasir putih, air laut yang jernih seperti kristal, serta jejeran pohon kelapa yang bergoyang ditiup angin.

Asal nama Pulau Perhentian ialah dari manfaat penting pulau ini di waktu lampau, yakni jadi tempat perhentian serta peristirahatan beberapa nelayan yang melaut di Laut Cina Selatan. Tidak hanya berhenti untuk beristirahat, banyak dari mereka yang memakai pulau ini untuk tempat berlindung dari cuaca jelek, serta tempat untuk melakukan perbaikan perahu yang rusak. Saat ini, Pulau Perhentian masih berperan seperti namanya, yakni jadi tempat perhentian beberapa pelancong yang ingin nikmati wisata alam Malaysia.

Pulau Perhentian

Buat anda yang senang dengan situasi pantai, tidak ada kelirunya coba bertandang ke Pulau Perhentian serta nikmati situasi pantai yang baru. Layaknya seperti satu pulau wisata lain, pulau ini sama dengan wisata air seperti berenang, scuba diving, snorkeling, berperahu, banana boat, kano, serta wisata air yang lain. Tetapi, anda tidak bisa memancing di pulau ini sebab pulau yang memiliki jarak seputar 20 KM dari tepi pantai Terengganu ini adalah lokasi yang dilindungi. Diluar itu anda pun tidak bisa bawa pulang atau mengakibatkan kerusakan koral, serta pun tidak bisa buang sampah asal-asalan sebab bisa mengakibatkan kerusakan lingkungan.

Alam bawah laut Pulau Perhentian tawarkan pesona koral, serta binatang laut yang bermacam, contohnya penyu, ubur-ubur, ikan karang, serta hiu kecil. Di perairan dangkal di seputar pantai, terdapat banyak beberapa type ikan-ikan kecil yang bisa anda lihat tak perlu menyelam sebab air yang begitu jernih. Tidak hanya pesona bawah laut, pulau ini memiliki rimba tropis yang asri. Rimba ini tidak memiliki jalan raya, hingga anda harus melalui jalan spesial pejalan kaki jika ingin melihat-lihat rimba ini.

Baca juga : tiket masuk pantai sendiki dan pantai sendiki


Pulau Perhentian

Pulau yang memiliki tinggi optimal 100 meter diatas permukaan laut ini memiliki banyak resort yang menyebar di beberapa tempat. Tidak ada resort serta bangunan yang memiliki lebih dari 2 tingkatan lantai di pulau ini, terkecuali menara komunikasi. Tetapi, umumnya dari resort itu pilih untuk tutup pada musim hujan (November s/d Maret). Oleh karenanya jika anda ingin berekreasi ke Pulau Perhentian semestinya pilih tanggal di bulan tidak hanya musim hujan. Pendapat saya, datanglah di antara bulan April sampai September, sebab pada bulan-bulan ini, banyak penyu hadir ke pantai pulau ini untuk bertelur hingga anda dapat lihat banyak penyu di habitat aslinya, satu panorama serta pengalaman begitu menarik.

Pulau Perhentian Kecil

Pulau Perhentian Kecil

Di Pulau Perhentian Kecil, ada satu desa. Desa ini adalah rumah masyarakat asli Pulau Perhentian. Umumnya masyarakat pulau ini cuma pergi ke Pulau Perhentian Besar untuk jalankan usaha wisata serta resort saja, namun tinggal di pulau ini. Pulau ini begitu pas buat mereka yang ingin berhemat, atau yang berekreasi ala backpacker sebab di sini anda bisa temukan banyak penginapan serta tempat makan yang murah.

Baca juga : harga penginapan di pantai sendiki dan pantai malang

Pulau Perhentian Besar



Tidak ada satupun desa di Pulau Perhentian Besar. Pulau ini memiliki garis pantai yang lebih panjang, lebih lebar, serta pasir yang lebih halus jika dibanding dengan Pulau Perhentian Kecil. Pulau ini tawarkan sarana yang lebih baik dari Pulau Perhentian Kecil, tetapi tentunya harga nya tambah mahal.

Langkah Sampai Pulau Perhentian Agar bisa sampai Pulau Perhentian, anda harus pergi dari Pelabuhan Kuala Besut. Dari pelabuhan itu, anda bisa menyewa kapal cepat, atau perahu nelayan jika ingin berhemat. Diluar itu, anda dapat sampai Pulau Perhentian dari Kompleks Perikanan Tok Bali. Butuh diingat jika cuaca begitu punya pengaruh pada perjalanan laut, oleh karenanya perjalanan anda dapat dipending atau diurungkan jika cuaca sedang buruk.

Sejumlah besar orang akan pilih untuk terbang dari Kuala Lumpur ke arah Kota Bharu dengan memakai maskapai Air Asia, akan memerlukan waktu seputar 1 jam. Lalu dari Kota Bharu memakai kendaraan ke arah Pelabuhan Kuala Besut, memerlukan waktu seputar 1,5 jam. Dari Pelabuhan Kuala Besut memakai kapal ke arah Pulau Perhentian, akan memerlukan waktu seputar 1 jam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

8 Tempat Wisata Di Girona Yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata Di Crimea Tujuan Wisatawan Dunia

Wisata di Songgon Banyuwangi