7 Wisata Alam Cantik di Provinsi Alberta, Kanada

Sesudah berkunjung ke kota-kota arah wisata di Kanada, saat ini kita ke arah ke satu diantara tujuan cantik di negara ini, yakni Propinsi Alberta.

Alberta adalah satu propinsi yang terdapat di daerah barat Kanada. Propinsi ini bersebelahan dengan British Columbia di samping barat, Northwest Territories di samping utara, Saskatchewan di samping timur, dan negara sisi Amerika Serikat, Montana, di samping selatan. Ibu kota propinsi ini terdapat di Edmonton, tapi Calgary adalah kota paling besar. Beberapa wisata alam penting di Alberta diantaranya Banff, Jasper, Canmore, Drumheller, serta Sylvan Lake. Di propinsi ini ada 2 lapangan terbang internasional yakni Calgary International Airport (YYC) serta Edmonton International Airport (YEG).

Beberapa tujuan wisata alam yang seringkali didatangi oleh beberapa traveler di Alberta diantaranya:


1. Banff National Park
Banff National Park, Alberta - photo oleh Balachand Tujuan pertama kita kesempatan ini ialah Banff National Park, taman nasional fantastis yang terdapat di daerah Pegunungan Rocky, Amerika Utara. Taman nasional dengan luas lebih dari 6.600 km persegi ini terdapat di propinsi Alberta, seputar 125 km di samping barat pusat kota Calgary. Banff pertama-tama jadikan jadi taman nasional pada tahun 1885 dan adalah taman nasional paling tua di negara Kanada. Sejumlah besar daerah Banff didominasi oleh area pegunungan, gletser, ice field, rimba conifer, dan danau serta sungai dengan air yang berwarna biru jernih. Dengan daerah yang begitu luas, di Banff ada beberapa tempat wisata alam yang lain yang brukuran lebih kecil seperi Lake Louise, Icefield Parkaway, Moraine Lake, Valley of the Ten Peaks, Bow River, Peyto Lake, Lake Minnewanka, serta masih banyak. Banff dilewati oleh 2 jalan highway; Highway 1 (Trans-Canada Highway) yang menyambungkan Calgary serta Vancouver; dan Highway 93 yang menyambungkan Cranbrook serta Jasper. Diluar itu, Banff dapat juga diraih dengan memakai jalan kereta Canadian Pacific.

2. Jasper National Park
Jasper National Park, Alberta - photo oleh Frank Kovalchek Tujuan setelah itu Jasper National Park, taman nasional terebsar di daerah Canadian Rocky, Alberta. Taman nasional seluas 10.800 km persegi ini terdapat di samping utara Banff National Park, dan di samping barat Edmonton. Daerah Jasper didominasi oleh area pegunungan, danau, sungai, air terjun, mata air panas, dan gletser. Nama taman nasional ini berasal dari nama Jasper Hawes, seseorang saudagar pemilik North West Company. Sebelum itu, taman nasional ini diketahui dengan nama Fitzhugh. Pada tahun 1930, Jasper mendapatkan status jadi taman nasional, serta di tahun 1980 dideklarasikan jadi UNESCO World Heritage Site. Beberapa tempat wisata yang berada di taman nasional ini diantaranya Mount Edith Cavell, Maligne Lake serta Maligne River, Athabasca Falls serta Athabasca River, Pyramid Lake serta Pyramid River, Tonquin Valley, Columbia Icefield, dan Jasper Skytram.

10 Taman Nasional di Alaska

8 Wisata Alam di Alaska

3. Moraine Lake
Moraine Lake, Alberta - photo oleh Tobias Alt Wisata alam selanjutnya ialah Moraine Lake, satu danau cantik yang terdapat di daerah Banff National Park, persisnya seputar 14 km dari Desa Lake Louise, Alberta. Danau yang berwarna biru turquoise ini tercipta dari saluran gletser Fay Glacier serta Larch Creek, lalu mengalir ke Moraine Creek. Danau ini terdapat di ruang Valley of the Ten Peaks, satu lembah sekaligus juga tempat wisata yang terdapat pada ketinggian 1885 meter. Di bulan Juni, pada musim panas, volume air danau ini akan sampai maximum, yaitu seputar 50 hektar. Pengunjung yang hadir ke Moraine Lake biasanya menyewa kanoe/perahu untuk telusuri danau. Di seputar danau ada banyak jalan hiking buat beberapa pengunjung yang ingin nikmati panorama danau dari ketinggian.

4. Lake Minnewanka
Lake Minnewanka, Alberta Seterusnya kita ke arah ke Lake Minnewanka, satu danau gletser yang terdapat di Banff National Park, persisnya di daerah timur taman nasional ini. Dari pusat kota Banff, danau ini memiliki jarak seputar 21 km ke samping timur laut. Saluran sungai penting yang isi Lake Minnewanka berasal dari Cascade River, yang mengalir lewat Cascade Mountain serta Stewart Canyon. Diluar itu beberapa saluran sungai kecil yang berasal dari Mount Inglismaldie, Mount Girouard, serta Mount Peechee, bersumber ke danau ini. Danau ini ada pada ketinggian 1.500 meter dari permukaan laut. Sisi barat danau dilewati oleh jalan Trans-Canada Highway. Boat tur ada buat pengunjung yang menelusuri serta nikmati keindahan danau ini.

Baca juga : peta jalan ke sumber maron dan river tubing sumber maron

5. Lake Louise
Lake Louise, Alberta - Foto by WikiPedant at Wikimedia Commons Masih di Banff National Park, saat ini kita ke arah ke Lake Louise, satu danau gletser yang mempunyai air berwarna biru turquoise jernih. Danau ini terdapat seputar 5 km di samping barat desa Lake Louise dan dilewati oleh jalan Trans-Canada Highway. Dalam bahasa lokal, nama danau ini dimaksud Lake of the Little Fishes atau Danau Ikan-Ikan Kecil. Nama Lake Louise sendiri diambil dari nama Princess Louise Caroline, putri Queen Victoria, Gubernur Kanada pada tahun 1887. Danau ini ada pada ketinggian 1.750 meter dari permukaan laut dan mempunyai luas permukaan seputar 0,8 km persegi. Sumber air penting danau berasal dari saluran Lefroy Glacier, yang seterusnya akan mengalir ke Louise Creek. Di pinggir timur Lake Louise ada satu hotel resort elegan, Fairmont’s Chateau Lake Louise, yang dibuat pada awal era ke-20. Dari danau ini, pengunjung dapat juga terhubung Moraine Lake dan Lake Agnes.

6. Maligne Lake
Spirit Islan, Maligne Lake, Alberta Seterusnya kita ke arah ke Jasper National Park. Di sini ada satu danau cantik berwarna biru turquoise yang dimaksud Maligne Lake. Danau ini terdapat seputar 44 km di samping selatan kota Jasper. Di danau ini ada 3 gletser yang seringkali kelihatan, dan satu islet (pulau kecil) Spirit Island yang seringkali jadikan jadi objek photografi. Maligne Lake ada pada ketinggian 1.670 meter dari permukaan laut dan mempunyai luas ruang seputar 19,7 km persegi. Danau ini cukup gampang dibuka dengan kendaraan bermotor sebab terletak tidak jauh dari jalan penting, termasuk juga bila menggunaka shuttle bus dari Jasper. Di danau ini ada jalan Skyline Trail selama 44 km yang membentang sampai ke kota Jasper. Pada musim semi serta musim gugur, ada boat tur buat pengunjung yang ingin menelusuri danau termasuk juga ke Spirit Island.

Wisata Vancouver, Kanada

Wisata Toronto, Kanada

7. Athabasca Falls
Athabasca Falls, Alberta Wisata alam paling akhir kita kesempatan ini ialah Athabasca Falls, satu air terjun yang terdapat di daerah Jasper National Park. Air terjun ini terdapat di hulu Athabasca River. Dari pusat kota Jasper, tempat wisata ini memiliki jarak seputar 30 km ke samping selatan. Athabasca Falls mempunyai ketinggian seputar 23 meter. Air terjun ini seringkali jadikan jadi objek photografi sebab mempunyai pemandangan yang mengagumkan, saluran air deras jatuh lewat satu tebing kecil sebelum mengalir ke Athabasca River. Untuk sampai Athabasca Falls, pengunjung dapat memakai kendaraan lewat jalan Highway 93A. Untuk lihat saluran air terjun dengan cara langsung, ada walking trail di seputar ruang yang aman buat pengunjung. Tidak jauh dari air terjun ini ada tempat wisata Icefields Parkaway.

Nah rekan-rekan, demikian selintas info mengenai beberapa wsiata alam cantik di Propinsi Alberta, Kanada. Tidak hanya ke-7 tempat wisata diatas, ada banyak tempat wisata yang lain di propinsi ini dan di negara ini yang akan kita ulas di lain kali. Mudah-mudahan artikel ini berguna. Sampai jumpa di trip selanjutnya!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

8 Tempat Wisata Di Girona Yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata Di Crimea Tujuan Wisatawan Dunia

Wisata di Songgon Banyuwangi