15 Tempat Wisata di Trawas Mojokerto dan Sekitarnya yang Hits Dikunjungi

Berlibur ke Jawa Timur tidak komplet tanpa ada berkunjung ke Mojokerto, terutamanya di Trawas. Satu diantara kecamatan di Kabupaten Mojokerto ini menaruh kekuatan wisata yang cukuplah bermacam dengan beberapa obyek wisata menarik di dalamnya.


Ini tidak lepas dari tempat Trawas yang ada di kaki Gunung Arjuno Welirang serta Penanggungan.

Tempat ini mempunyai suhu hawa yang sejuk, hingga banyak pelancong yang tertarik untuk menjelajahinya serta mengeksplore selanjutnya object wisata yang dimilikinya.

Dengan jarak seputar 65 Km dari pusat kota Surabaya, Trawas jadi satu diantara arah wisata yang cukuplah dihandalkan. Tidaklah heran bila beberapa usaha dikerjakan untuk memberi dukungan perubahan pariwisata di daerah ini.

Diantaranya dengan membuat beberapa sarana yang lumayan memadai termasuk juga akses jalan yang akan mempermudah pelancong berkunjung ke tempat wisata Trawas yang diharapkan.

Tujuan wisata di Trawas mempunyai daya tarik tertentu yang mungkin tidak didapati di lain tempat, khususnya yang terkait dengan riwayat kejayaan Majapahit di waktu dulu.

Nah, agar kamu tidak ingin tahu dengan kekuatan wisata itu, di bawah ini ialah 6 tujuan wisata Trawas Mojekerto serta sekelilingnya yang pantas kamu pikirkan:


Petirtaan Candi Jolotundo
Foto by @dikrii__ Petirtaan Jolotundo ialah satu kolam pemandian nan eksotis yang ada di kompleks Candi Jolotundo.

Kolam ini dipercaya jadi tempat pemandian keluarga Kerajaan Majapahit yang sudah dibuat semenjak tahun 997 Masehi.

Arti Jolotundo mempunyai arti air yang keluar dari pancuran bertingkat. Pasti, kekhasan ini membuat sebagian orang tidak tertinggal mencari spot photo cantik di sejumlah pojok.

Tempat kolam pemandian yang ada di Bukit Bekal, jadikan Petirtaan Jolotundo mempunyai panorama alami yang eksotis.

Air yang mengalir di rongga bebatuan candi jadi bukti kecanggihan tehnologi pengendalian air di waktu yang lalu.

Tidak cuma itu saja, kandungan mineral alami pada air petirtaan ini dipercaya mempunyai faedah buat siapa saja. Hingga banyak pengunjung yang banyak yang datang untuk memperoleh manfaat tersendiri. Bahkan juga air di tempat ini disebutkan jadi mata air paling baik di dunia sesudah air zam-zam.

Tentunya asumsi ini tidak lepas dari situasi keadaan di seputar tempat yang ada di kaki gunung vulkanik serta bebas dari kegiatan manusia.

Baca juga : alamat coban parang tejo

Lalu dengan bebatuan candi yang melingkari mata air, dipercaya dapat berperan jadi akuifer yang akan menaruh serta menyalurkan air lewat rongga-rongganya.

Menelusuri wisata Trawas di Petirtaan Jolotundo ini, kamu akan dibawa kembali pada waktu lampau dengan beberapa bukti peninggalan Kerajaan Majapahit.

Aura mistis berasa demikian kental di tempat wisata. Di kolam pemandian, kamu bisa beraktivitas mandi tetapi tidak diijinkan memakai sampo, sabun atau pasta gigi.

Tempat: Desa Seloliman, Trawas, Mojokerto

Fresh Green Trawas
Foto by @bswn Fresh Green Trawas seringkali dimaksud dengan arti “Wisata Mendem Duren”.

Untuk sampai tempat wisata, diperlukan waktu seputar 3 jam perjalanan dari pusat kota Mojokerto.

Wisata alam dengan ide agrowisata ini dapat jadi tujuan wisata menarik dalam jadwal berlibur kamu.

Dalam tempat ini ada beberapa olahan buah durian yang memang ditanam di lokasi wisata.

Semenjak diresmikan pada tahun 2012 yang lalu, tempat wisata unik ini dapat mengisap perhatian pelancong sebab keunikannya.

Tidak hanya dapat makan durian serta buah-buahan tropis yang lain, kamu dapat juga lakukan pekerjaan asyik yang lain seperti flying fox.

Yakinkan untuk berkunjung ke obyek wisata ini pada musin durian ya!

Tempat: Dusun Bantal, Desa Duyung, Kecamatan Trawas, Mojokerto,

Duyung Trawas Hill
Foto by @rizky2498 Dengan ide wisata keluarga, Duyung Trawas Hill tawarkan sensasi berlibur yang paling dahsyat serta menyenangkan.

Tempat wisata ini telah diperlengkapi dengan beberapa sarana yang mencukupi, salah satunya ialah ruang parkir yang luas, playground, mushola, wahana permainan anak, ruang outbound, kolam renang, mini zoo serta sarana yang lain.

Tidak tertinggal pemandangan cantik serta udara sejuk, tetap menghiasi ruang wisata. Tidaklah heran jika tempat ini jadi hits diperbincankan di beberapa alat.

Tempat: Desa Duyung, Kecamatan Trawas, Mojokerto

Villa Pucuk Trawas
Foto by @kak_trex Pucuk Trawas menyuguhkan keindahan alam pegunungan yang demikian memesona, siapa saja pasti berdecak takjub melihat keindahan tempat ini.

Panorama jadi makin menarik dengan kehadiran villa-villa dengan beberapa design elegan nan mewah.

Kamu dapat menyewa villa yang berada di lokasi ini atau nikmati beberapa fasilitasnya, seperti kolam renang, playground serta ajang berkuda dengan cost tersendiri.

PPLH Seloliman Trawas
Foto by @massajju Perjalanan wisata kamu akan makin terkesan jika bertandang ke PPLH (Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup atau Environmental Education Centre).

Obyek wisata edukasi ini membuka tiap jam 08.00 serta seringkali dipakai jadi tempat riset mengenai lingkungan hidup, khususnya yang terkait dengan pemrosesan sampah, serta pekerjaan yang lain.

Dalam tempat ini, disiapkan sarana outbound, penginapan, restoran, toilet serta beberapa sarana simpatisan yang lain yang lumayan memadai.

Tempat: Desa Seloliman, Trawas, Mojokerto

Bumi Perkemahan Dlundung Trawas
Foto by @pur_nomo__ Tidak hanya wisata air terjun yang telah popular, di lokasi Dlundung ada bumi perkemahan yang banyak menarik ketertarikan pelancong untuk camping.

Situasi alam yang masih asri ditambah lagi udara sejuk yang beri kesegaran, jadikan siapa saja akan rasakan nyaman serta kerasan untuk tinggal lebih lama di tempat.

Akses ke arah tempat perkemahan cukuplah gampang sebab dapat diraih dengan mobil ataupun sepeda motor.

Sarana di bumi perkemahan juga lumayan memadai seperti mushola, kamar mandi, warung makan dan ruang parkir yang luas.

Coban Canggu
Foto by Kabarmojokerto.com Ada di kaki Gunung Welirang, Coban Canggu pantas kamu pikirkan jadi tujuan seterusnya.

Air terjun dengan ketinggian hampir 80 meter ini mempunyai saluran air yang jernih serta fresh dengan ornament dinding tebing yang cukuplah unik.

Udara sejuk pegunungan serta lingkungan asri dapat memberi dampak yang menentramkan hingga pikiranmu semakin lebih santai serta fresh.

Di harga ticket masuk yang cukuplah dapat dijangkau kamu dapat nikmati berlibur enjoy di obyek wisata ini.

Untuk sarana, kamu tak perlu cemas sebab di tempat wisata ini ada banyak warung makanan yang dapat kamu kunjungi untuk isi perut ataupun kepentingan yang lain.

Tempat: Desa Padusan, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Air Terjun Watu Ondo
Foto by @meyriskahrln Air terjun yang ada di Taman Rimba Raya Raden Soerojo ini adalah air terjun kembar dengan saluran air yang cukuplah deras.

Saluran air pada ke-2 coban ini semasing bertingkat serta mempunyai ciri-ciri yang berlainan.

Pada air terjun pertama ketinggian air terjun seputar 75 meter sedang air terjun ke-2 mempunyai ketinggian seputar 40 meter.

Kehadiran batu dibawah saluran air terjun makin meningkatkan eksotisme air terjun yang menyuguhkan panorama alam nan asri ini.

Perlu untuk diketahui jika situasi jalan yang dilalui untuk sampai tempat air terjun cukuplah berlebihan hingga kamu tetap harus berhati-hati.

Yang tentu dalam tempat ini kamu dapat hunting spot photo bagus untuk keperluan photo selfie kamu agar semakin hits di instagram.

Tidak jauh dari tempat air terjun ini masih ada air terjun yang lain yakni Air Terjun Watu Lumpang yang tidak kalah memesona.

Tempat: Desa Pacet, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto.

Air Terjun Surodadu
Foto by Sinyoureh.blogspot.co.id Air terjun dengan ketinggian seputar 15 meter ini masih termasuk baru serta dapat jadi pelengkap perjalanan wisatamu di Mojokerto.

Sebelum sampai tempat air terjun, kamu akan disajikan dengan panorama alam yang menyejukkan mata. Bahkan juga kamu akan menemui air terjun mini yang pas untuk foto-foto narsis.

Setibanya di tempat Air Terjun Surodadu kamu akan dimanjakan dengan gemericik air yang lembut di antara bebatuan tersusun alami.

Hirup sejuknya hawa dalam tempat yang masih asri ini akan membuat kamu terlepas sesaat dari semua kepenatan.

Tempat: Dusun Mligi, Desa Claket, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Baca: 10+ Wisata Kuningan Jawa Barat yang sedang Hits & Instagramable tahun Ini

Pucuk Jengger
Foto by @tigorteguh Pucuk Jengger adalah satu diantara tempat yang sedang hits di Mojokerto sekarang ini. View alami yang instragamable bisa kamu dapatkan di sini.

Bentangan perbukitan yang menghijau dengan panorama yang demikian epic membuat siapa saja akan kerasan untuk tinggal lebih lama dalam tempat ini.

Untuk sampai tempat Bukit Jengger, kamu harus melalui medan yang cukuplah berlebihan dengan jalan yang sempit serta berbatu, jadi kamu tetap harus tambahan berhati-hati.

Untuk kamu yang berjiwa etualang serta hobby menelusuri spot-spot wisata yang melawan, mendaki ke Pucuk Jengger dapat jadi pilihan pas.

Ada di Pucuk Jengger rugi rasa-rasanya bila tidak menyimpan peristiwa liburanmu dalam satu photo masa lalu. Sebab terdapat beberapa spot cantik yang menantimu untuk diabadikan dalam satu photo.

Tempat: Desa Tawangrejo, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto.

Pacet Mini Park Mojokerto
Photo by Kaskus.co.id Taman rekreasi keluarga ini ada di wilayah pegunungan. Tidak hanya tawarkan sensasi berlibur yang dahsyat, obyek wisata ini menyuguhkan panorama alam yang masih asri serta sejuk.

Tidak hanya berenang, terdapat beberapa wahana permainan yang dapat dicoba dalam tempat ini seperti wahana seluncuran, ATV, bumper boat, sampai flying fox serta ajang outbound yang lain.

Di harga ticket yang cukuplah dapat dijangkau kamu dapat lengkapi jadwal liburanmu dengan berkunjung ke Pacet Mini Park Mojokerto.

Tempat: Jalan Raya Mojosari Pacet Km 55, Desa Warugunung, Pacet, Mojokerto.

Joglo Park Mojokerto
Foto by @joglopark Dengan sajian panorama alam yang masih asri, Joglo Park Mojokerto ada untuk memberi penglaman wisata yang tidak terlewatkan.

Gabungan antara situasi alam yang menyejukkan dengan beberapa wahana permainan dahsyat dapat jadi jalan keluar paling baik untuk kamu yang inginkan kedua-duanya.

Berenang atau sekedar hanya duduk enjoy nikmati keindahan alam dapat isi waktu liburanmu dengan pekerjaan yang membuat santai. Tetapi jika kamu ingin seru-seruan nikmati berlibur, janganlah terlewat beberapa wahana dahsyat yang sudah disiapkan taman rekreasi ini.

Kamu dapat menelusuri ajang outbound dengan ATV atau extrem flying fox dengan panjang sampai 180 meter serta ketinggian 6 meter.

Diluar itu ada pula ajang kids outbound, mini flying fox, play ground, family slide serta wahana permainan dahsyat yang lain.

Tidak hanya menyiapkan beberapa wahana dahsyat yang menarik untuk dicoba, tempat ini mempunyai sarana yang cukuplah komplet.

Seperti mushola, rumah makan, pusat oleh-oleh serta cendera mata, dan sarana yang lain yang akan membuat liburanmu makin menyenangkan dan nyaman.

Tempat: Jalan Pacet Km 3, Warugunung, Pacet, Mojokerto

Api Kekal Mojokerto
Photo by Senibudaya12.blogspot.com Tempat wisata yang satu ini begitu menarik untuk.didatangi waktu plesiran ke Mojokerto. Sesuai namanya, api era menyuguhkan pesona wisata unik berbentuk nyala api yang tidak sempat padam.

Sumber api alami ini pertama-tama diketemukan pada tahun 1993 serta konon telah menyala semenjak zaman Kerajaan Majapahit.

Sumber api ini konon dipakai beberapa empu untuk menempa senjata atau pusaka di waktu lampau.

Akses jalan ke arah ke tempat api kekal cukuplah gampang hanya karena berjarak seputar 3 km saja dari Kota Mojokerto.

Untuk memperoleh panorama yang lebih menarik, semestinya kamu hadir mendekati malam hari supaya nyala api kekal kelihatan jelas.

Tempat: Dusun Bekucuk, Desa Tempuran, Kecamatan Soko, Mojokerto.

Kolam Segaran
Foto by @abdoermessio Situs purbakala peninggalan zaman Kerajaan Majapahit Kolam Segaran berupa kolam raksasa dengan ukuran luas 375×175 meter.

Sebelum diketemukan pada tahun 1926, kolam air bersejarah ini terpendam dalam tanah. Sepanjang 10 tahun semenjak tahun 1974 kolam purbakala ini sudah alami seringkali pemugaran.

Walau kolam air ini disebutkan jadi tempat rekreasi buat keluarga kerajaan. Tetapi terdapatnya aliran keluar masuk air di kolam ini tidak tutup peluang bila pada zaman Majapahit kolam ini digunakan jadi sebagai waduk.

Tempat: Desa Trowulan, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto.

Patung Budha Tidur Mahavihara Mojopahit
Foto by Myworldmyride.blogspot.co.id Tak perlu jauh-jauh ke Thailand atau Myanmar untuk lihat patung Budha tidur, sebab di Mojokerto kamu juga dapat menyaksikannya.

Dengan ukuran sampai 22 meter untuk panjangnya, serta 6 meter dan 4,5 meter untuk lebar serta tingginya, patung dengan gaya enjoy ini disebutkan jadi patung paling besar ke-3 di dunia.

Di tempat ini kamu akan melihat bangunan vihara dengan bentuk serta aromanya yang ciri khas. Tidak hanya lihat kekhasan patung Budha yang sedang tidur, kamu dapat juga lihat patung-patung yang lain, termasuk juga miniatur Candi Borobudur yang melegenda.

Dengan latar belakang patung Budha tidur, kamu dapat gaya dalam beberapa style untuk meningkatkan koleksi photo liburanmu di Mojokerto.

Spot cantik yang lain dapat juga kamu dapatkan dalam tempat ini, jadi janganlah terlewat peristiwa liburanmu untuk berpose selfie ataupun rame-rame.

Tempat: Jalan Raya Trowulan, Bejijong, Trowulan, Mojokerto

Tidak hanya tujuan wisata Trawas yang sudah dijelaskan diatas, di daerah Mojokerto ada tempat wisata riwayat serta budaya yang lain yang sama dengan peninggalan Kerajaan Majapahit.

Salah satunya ialah Kolam Segaran yang terdapat di Kecamatan Trowulan, Mojokerto. Jadi satu diantara peninggalan Kerajaan Majapahit, kolam kuno ini disebutkan jadi kolam kuno paling besar di Indonesia dengan panjang kolam sampai 375 meter.

Diluar itu di Mojokerto ada tempat wisata alam berbentuk pemandian air panas Padusan yang terdapat di Kecamatan Pacet, persisnya di Desa Padusan.

Banyak pengunjung yang yakin jika air di pemandian ini ampuh untuk mengobati penyakit kulit serta persendian.

Di Mojokerto ada banyak candi peninggalan Kerajaan Majapahit serta situs bersejarah, salah satunya ialah sebagai berikut:

- Candi Kedaton

- Candi Bajang Ratu

- Candi Brahu

- Candi Tikus Mojokerto

- Candi Wringin Lawang

- Situs Trowulan

- Pendopo Agung Trowulan

- Makam Troloyo

- Kolam Segaran

- Pemandian air panas Ubalan

Nah, itu beberapa tujuan wisata Trawas yang dapat ditelusuri sepanjang berlibur ke Mojokerto. Tidak hanya wisata diatas, kita dapat juga berkunjung ke beberapa air terjun eksotis di Mojokerto atau mendaki Gunung Penanggungan yang penuh dengan cerita legenda serta riwayat.

Janganlah lupa untuk mencicip bermacam jajanan ciri khas Mojokerto yang tentu enak serta menggugah hasrat. Seperti onde-onde, sate keong, sambel wader serta kuliner ciri khas yang lain.

Mari berlibur ke Mojokerto!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

8 Tempat Wisata Di Girona Yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata Di Crimea Tujuan Wisatawan Dunia

Wisata di Songgon Banyuwangi