13 Tempat Wisata di Pekalongan Paling Rekomendasi untuk Dikunjungi

Pekalongan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang ada di jalan Pantura (pantai utara) yakni jalan yang menyambungkan kota Jakarta sampai ke sejumlah kota dibagian timur pulau Jawa seperti kota Surabaya.



Nama Pekalongan berasal dari kata ” Kalong “ yakni semacam kelelawar. Tetapi bukan bermakna di wilayah ini banyak kelelawarnya, Konon tuturnya, nama ini berasal dari Bupati Kendal pertama yakni Raden Pundak yang lakukan ” Tapa Kalong “ dalam suatu gua sebelum buka wilayah ini.

Sekarang, kota yang berjuluk ” Kota Batik “ ini banyak ada obyek wisata menarik yang dapat dijejalahi. Lalu, seperti apa obyek wisata di Pekalongan itu? tersebut penjelasannya

1. Pantai Pasir Kencana

Pantai Pasir Kencana lewat tempatwisatadaerah.blogspot.co.id

Pantai Pasir Kencana salah satu obyek wisata di Pekalongan yang cukuplah popular. Diluar itu, tempatnya pun tidak begitu jauh dari pusat kota, cukuplah meniti 4 km perjalanan, pengunjung bisa nikmati pantai indah ini.

Jadi obyek wisata yang popular di Pekalongan, pantai ini belum pernah sepi pengunjung, khususnya waktu hari libur. Pantai ini termasuk juga obyek wisata yang cukuplah teratur rapi seperti jembatan kanal, batu pembatas ombak, serta panggung hiburan.

Diluar itu, di pantai ini ada tempat wisata bahari berbentuk akuarium dengan koleksi biota laut yang serupa seperti Seaworld. Di seputar tempat ini, pengunjung dapat juga temukan pelabuhan serta tempat pelelangan ikan yang penuh dengan kegiatan beberapa nelayan lokal.

Baca juga : café indigo malang harga dan indigo café malang menu

2. Pantai Slamaran

Pantai Slamaran lewat jalanjalankotabatik.blogspot.co.id

Obyek wisata di Pekalongan selanjutnya yakni Pantai Slamaran. Tempat pantai ini tidak jauh dengan pantai Pasir Kencana, cuma dipisahkan oleh satu pelabuhan. Diluar itu, pantai ini pun tidak kalah indah dengan pantai Pasir Kencana.

Yang menarik dari pantai ini, yakni narasi legenda mengenai Dewi Lanjar yang ditinggal mati oleh suaminya. Lalu sebab kesepian, ia pada akhirnya moksa serta jadi bawahan Ratu Kidul penguasa pantai selatan.

Sesudah itu, Dewi Lanjar diperintah oleh Ratu Kidul untuk menghambat Raden Pundak untuk buka rimba. Tetapi, sebab kesaktian yang dipunyai oleh Raden Pundak, pada akhirnya Dewi Lanjar juga kalah, ia juga meminta supaya dilewatkan tempati lautan di seputar Pekalongan.

3. Pantai Depok

Tidak hanya pantai Pasir Kencana, serta pantai Slamaran, ada lagi satu obyek wisata di Pekalongan berbentuk pantai yang lumayan menarik didatangi yakni pantai Depok. Pantai ini ada di desa Depok, kecamatan Siwalan.

Situasi di pantai cukuplah indah dengan pemandangan yang elok, serta ombak yang cukuplah tenang. Diluar itu, pohon-pohon kelapa di pantai ini pun tidak cuma jadikan pantai ini berasa lebih teduh, dan juga akan berasa lebih romantis.

4. Curug Muncar

Curug Muncar lewat spadepicnic.wordpress.com

Tidak hanya pantai, di Pekalongan ada banyak air terjun, diantaranya yang cukuplah popular yakni Curug Muncar. Air terjun yang ada diketinggian 1.249 di atas permukaan air laut ini ada di desa Curugmuncar, kecamatan Petungkriyono atau seputar 30 km dari ibukota kabupaten Pekalongan.

Curug Muncar dikelilingi lereng gunung Rogojembangan yang begitu menarik, letaknya ada di rimba punya Perhutani, serta jalan untuk akses ke tempat ini cukuplah panjang serta berliku-liku. Tetapi, sarana dalam tempat ini telah lumayan memadai.

5. Curug Bajing

Tidak hanya curug Muncar, ada lagi satu obyek wisata di Pekalongan berbentuk air terjun yakni Curug Bajing. Air terjun yang ada diketinggian 1.300 di atas permukaan air laut ini ada di desa Telogopakis, kecamatan Petungkriyono.

Kekhasan air terjun setinggi 70 meter ini yakni bentuk saluran airnya yang bertingkat-tingkat di dasarnya. Untuk dapat sampai ke air terjun ini, pengunjung harus lakukan trekking seputar 15 menitan dari tempat parkir.

6. Linggo Asri

Linggo Asri lewat gardutani.blogspot.co.id

Linggo Asri ialah obyek wisata di Pekalongan yang menyedia beberapa tempat rekresasi seperti kolam renang, kebun binatang mini, serta bumi perkemahan. Obyek wisata ini pas didatangi bersama dengan keluarga.

Diluar itu, di Linggo Asri ada banyak obyek wisata outbond seperti arung jeram, flying fox, serta trekking di rimba. Obyek wisata ini populer begitu dingin, sebab terdapat pada ketinggian yakni seputar 700 di atas permukaan air laut.

7. Bukit Pawuluhan

Obyek wisata di Pekalongan selanjutnya yakni Bukit Pawuluhan. Tuturnya, di bukit yang ada di desa Gembong, kecamatan KandangSerang ini kita dapat lihat Golden Sunrise serta barisan perbukitan yang indah.

Diluar itu, jalan pendakiannya juga termasuk juga gampang serta tidak membutuhkan perlengkapan profesional dan bisa didaki dengan waktu seputar 2 jam. Sedang waktu pintas tempat ini dari pusat kota seputar 3 jam perjalanan.

8. Gunung Kendalisodo

Mungkin sedikit pendaki yang tahu dengan gunung yang ada di kecamatan Petungkriyono, kabupaten Pekolangan ini, tetapi penggemar alam serta masyarakat lokal seringkali jadikan gunung ini jadi satu diantara arah pendakian di Pekalongan.

Meskipun ketinggiannya cuma 1.697 meter di atas permukaan air laut, tetapi jalan pendakiannya cukuplah melawan dengan medan yang terjal. Tetapi yang sangat penting, sebelum mendaki gunung, buat persiapan dirimu sebaik-baiknya serta janganlah tinggalkan apa pun tidak hanya jejakmu.

9. Gunung Rogojembangan

Gunung Rogojembangan lewat wikipedia.org

Tidak hanya gunung Kendalisodo, ada lagi satu obyek wisata di Pekalongan berbentuk gunung yakni gunung Rogojembangan. Gunung ini ada di kecamatan Petungkriyono, atau lebih persisnya ada di desa Gumelam.

Butuh diingat, bila ingin mendaki gunung ini, pendaki harus membawa air, sebab disepanjang jalan pendakian ke arah pucuk tidak ada sumber air. Diluar itu, di satu diantara jalan pendakiannya ada juga jalan yang dimaksud ” Jalan Setan “ dengan kemiringan hampir 90 derajat.

10. Pucuk Tugu Petungkriyono

Tidak jauh dari gunung Rogojembangan, kamu dapat juga berkunjung ke Pucuk Tugu Petungkriyono dengan panorama alam yang menyejukan mata serta pemikiran. Tempatnya pas disamping timur gunung Rogojembangan.

Diberi nama ” Pucuk Tugu “ sebab dalam tempat ini ada Tugu Trianggulasi yang adalah peninggalan Belanda. Dari Bascamp ke pintu masuk dapat ditempuh seputar 45 menit, sedang dari pintu masuk jalan pendakian ke pucuk memerlukan waktu seputar 60-90 menitan.

11. Desa wisata lolong

Desa wisata bernama Lolong ini ada kecamatan Karanganyar, atau seputar 34 km dari pusat kota. Di desa wisata ini, mengalir sungai Sengkarang dengan lebar seputar 1,6 meter yang seringkali jadikan tempat Arum Jeram.

Tidak hanya Arum Jeram, di desa wisata ini mempunyai festival durian tiap setahun sekali. Desa Wisata Lolong ini di kembangkan oleh pemuda ditempat yang bekerja bersama dengan pemerintahan wilayah Pekalongan. Bagaimana, tertarik hadir ke sini?

12. Kedung Si Pingit Petungkriyono

Kedung Si Pingit Petungkriyono lewat instapekalongan.tumblr.com

Jika kamu tengah mencari tempat berenang dengan tenang serta bebas tanpa ada ditimpa air terjun, karena itu Kedung Si Pingit ini bisa saja pilihan yang begitu pas. Diluar itu, air dalam tempat ini populer begitu beri kesegaran dengan warna birunya.

Nikmatnya , jika kamu berani, kamu dapat terjun serta lompat dari tebing untuk menyongsong kejernihan airnya. Kedung Si Pingit yang ada di kecamatan Petungkriyono ini seringkali dimaksud ” Grand Canyon ala pekalongan “.

13. Museum Batik

Jika bicara mengenai obyek wisata di Pekalongan, tidak etis jika tidak mengulas museum Batik, karena Pekalongan salah satu wilayah penghasil batik di Indonesia. Di museum ini pengunjung dapat memperkaya pengetahuan mengenai Batik ciri khas Indonesia.

Museum yang ada di jalan Jetuyu, NO.1 Pekalongan ini mempunyai koleksi beberapa ratus type Batik, baik yang kuno ataupun yang moderen dengan beberapa corak. Diluar itu, harga tiketnya sangat murah dan meriah.

Nah, itu beberapa obyek wisata di Pekalongan. Tetapi butuh diingat, kita harus mengawasi baik-baik tempat semacam ini, sebab jika sampai rusak, ke mana kita akan pergi sekedar untuk melepas capek.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

8 Tempat Wisata Di Girona Yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata Di Crimea Tujuan Wisatawan Dunia

Wisata di Songgon Banyuwangi