10 Tempat Wisata Wajib Singgah di Palangkaraya, Kalimantan Tengah

Menurut berita yang telah tersebar luas, pemerintah merencanakan untuk mengalihkan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Tengah (Palangkaraya). Mungkin kamu tidak begitu memandang Palangkaraya jadi obyek wisata populer seperti Bali. Melalui artikel ini, Pegipegi pengin nunjukin jika Palangkaraya juga mempunyai banyak obyek wisata yang menarik. Dapat jadikan jadi tujuan traveling kamu seterusnya, nih.


1. TAMAN NASIONAL SEBANGAU
Taman Nasional Sebangau salah satu rimba rawa gambut yang masih tersisa di Kalimantan. Rimba itu dikenal juga dengan ekosistem spesial air hitam. Ekosistem ini adalah ekosistem yang berasal dari beberapa bahan organik membusuk di rawa gambut yang menyebabkan air menghitam serta beberapa organisme unik hidup mendiaminya.

Luasnya seputar 568.700 hektar serta jadi rumah buat 6 ribu orangutan. Tidak hanya jadi rumah untuk orangutan, Taman Nasional Sebangau jadi habitat untuk 25 type mamalia, 116 type burung borneo, 36 type ikan, dan seputar 166 type flora. Jadi, tidak hanya dapat nikmati situasi yang sejuk, kamu dapat juga menyimpan beberapa type makhluk hidup yang mungkin tidak sempat kamu jumpai.

2. DANAU TAHAI
Ada dua sumber yang menerangkan mengenai terbentuknya Danau Tahai. Yang pertama, Danau Tahai tercipta sebab kubangan air di tempat penambangan pasir. Yang ke-2, Danau Tahai tercipta sebab berlangsung pergantian saluran Sungai Kahayan, hingga tercipta kubangan air yang tidak ikuti saluran sungai itu .

Danau Tahai termasuk juga danau dataran danau serta di sekelilingnya ada rimba gambut yang begitu lebat. Disana banyak juga jembatan kayu yang melingkari ruang rimba, hingga kamu dapat nikmati panorama indah dengan bebas. Di hutannya, kamu akan rasakan kesejukan serta kicauan burung. Air Danau Tahai berwarna merah. Sebabnya ialah akar-akar pohon di tempat gambut. Di seputar danau ini terdapat banyak rumah terapung yang dimaksud rumah lanting.


3. MUSEUM BALANGA
Bicara masalah Kalimantan, tentunya tidak akan terlepas dari Suku Dayak. Untuk kenal budaya Suku Dayak, kamu dapat bertandang ke Museum Balanga. Soalnya, Museum Balanga mempunyai beberapa type benda yang umumnya dipakai oleh Suku Dayak, seperti Rumah Betang, pakaian pernikahan, alat untuk acara kelahiran, senjata, tempat menaruh padi, serta alat untuk beberapa ritual upacara.

4. TAMAN WISATA FANTASI BEACH
Jemu kan dengan waterpark yang biasa saja? Kamu dapat main ke waterpark dengan latar belakang alam, yakni di Taman Wisata Fantasi Beach. Dimaksud Fantasi Beach, soalnya alam disana adalah danau bikinan yang dirubah jadi pantai! Kreatif sekali kan! Banyak hiburan yang dapat kamu nikmati disana, tidak hanya berenang, diantaranya flying fox melewati danau bikinan dengan pasir putih, memancing, main sepeda air, dan sebagainya. Janganlah lupa cobain es kelapa muda disana, ya!

5. PANTAI UJUNG PANDARAN
Pantai Ujung Pandaran ada di Desa Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit. Pantai yang menghadap ke Laut Jawa ini berjarak seputar 80 km dari Sampit, Ibu Kota Kabupaten Kotim. Pantai dengan panorama sunset yang indah umumnya tetap ramai saat berlibur. Tidak hanya wisata pantai, Pantai Ujung Pandaran jadi obyek wisata religi, soalnya disana ada makan seseorang ulama yang sering didatangi ummat Muslim dari beberapa wilayah di Kalimantan Tengah.

Baca juga : jarak malang ke pantai balekambang dan kondisi jalan ke pantaibalekambang

6. BUKIT DOA KARMEL TANGKILING
Jika untuk pekerjaan wisata religi ummat Katolik, tempat yang dapat didatangi ialah Bukit Doa Karmel Tangkiling yang dibuat semenjak tahun 1998. Disana ada makan kepala biara Karmel pertama bernama Sr.M.Romea, O.Carm. Tidak hanya beliau, disana masi banyak suster-suster yang tinggal disana serta tidak bisa keluar dari Bukit Doa Karmel Tangkiling. Panorama di sekelilingnya sejuk serta banyak tanaman buah-buahan.

Jika bertandang ke Bukit Doa Karmel Tangkiling, kamu dapat menitip permintaan doa kepada suster-suster disana. Tiap pengunjung yang hadir harus melapor dengan memencet bel lalu menemui satu diantara suster-suster itu. Janganlah lupa untuk isi buku tamu yang berada di samping kapel, ya!

7. SUNGAI KAHAYAN
Sungai Kahayan adalah satu diantara sungai terpanjang di Kalimantan dengan luas 81.648 km persegi. Memiliki bentuk begitu unik sebab Sungai Kahayan serupa teluk yang menjulur ke. Jalur sungainya yang dalam serta sendimentasi di mulut sungai mengakibatkan pendangkalan di sekitar sungai.

Panorama di sekelilingnya indah, diluar itu kamu dapat juga lihat kehidupan Suku Dayak disana. Untuk nikmati hal itu, kamu dapat lakukan wisata susur Sungai Kahayan, dimana kamu dapat telusuri sungai cantik itu dengan perahu.

8. RUMAH ADAT BENTANG
Rumah Tradisi Betang dibuat oleh Suku Dayak dengan ciri bentuk bangunan yang panjang serta besar. Design itu dibikin supaya rumah terlepas dari banjir. Soalnya, umumnya rumah Suku Dayak dibuat dekat sungai. Diluar itu, supaya yang tinggal di rumah aman dari serangan binatang buas. Ukurannya yang besar mempermudah rumah ini menyimpan beberapa orang, hingga gampang membuat pertemuan.

9. TAMAN NASIONAL BUKIT BAKA-BUKIT RAYA
Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya berada di perbatasan Propinsi Kalimantan Barat serta Kalimantan Tengah. Taman nasional ini mempunyai peranan penting dalam manfaat hidrologis, yakni jadi lokasi tangkapan air untuk wilayah saluran Sungai Melawi di Kalimantan Barat serta wilayah saluran Sungai Katingan di Kalimantan Tengah. Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya ditempati oleh beberapa jenis flora serta fauna.

10. TUGU SOEKARNO PALANGKARAYA
Untuk tahu riwayat Kota Palangkaraya, kamu dapat berkunjung ke Tugu Soekarno yang diresmikan oleh Presiden Soekarno pada 17 Juli 1957. Dari pertama, sebetulnya, Palangkaraya telah disediakan oleh Soekarno jadi calon Ibu Kota Indonesia. Tugu Soekarno terdiri dari 17 pilar yang bermakna senjata untuk berperang, sesuai hari Kemerdekaan Indonesia. Sedang tugu apinya melambangkan api yang tidak segera padam. Serta sisi lima bentuk tugu melambangkan Pancasila sila pertama, Ketuhanan Yang Maha Esa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

8 Tempat Wisata Di Girona Yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata Di Crimea Tujuan Wisatawan Dunia

Wisata di Songgon Banyuwangi