10 Destinasi Wisata Favorit di Korea Selatan

Korea Selatan ialah negara berdaulat di Asia Timur yang terdapat ujung selatan Semenanjung Korea (Korean Peninsula). Nama sah negara ini ialah Republic of Korea, tapi seringkali dipersingkat dengan Korea. Dengan geografis daerah Korea dibatasi oleh Laut Kuning (Yellow Sea) di samping barat, Laut Jepang (Sea of Japan) di samping timur, Korea Utara di samping utara, dan Selat Korea serta Laut China Selatan di samping selatan. Menurut riwayat nama Korea berasal dari nama Kerajaan Goguryeo, yang dikenal juga dengan nama KoryƏ, yang berkuasa di daerah ini semenjak tahun 37 BC. Kerajaan lain yang sempat juga berkuasa lama di daerah Korea ialah Dinasti Joseon. Dengan administratif, daerah Korea dibagi jadi 9 propinsi, 7 kota metropolitan, dan 1 kota spesial yakni Seoul, yang adalah ibu kota negara.



Apa tujuan wisata penting yang seringkali didatangi oleh beberapa traveler di Korea Selatan? Tersebut 10 salah satunya:

1. Seoul
Seoul - photo oleh Julian Fong Tujuan wisata pertama ialah Seoul. Seoul ialah ibu kota negara sekaligus juga adalah kota paling besar di Korea dengan jumlahnya masyarakat lebih dari 10 juta jiwa pada tahun 2015. Dengan geografis, kota ini terdapat di pinggir Sungai Han, di daerah barat-laut Korea. Menurut riwayat, Seoul pertama-tama diketemukan oleh Kerajaan Baekje pada tahun 18 BC. Saat Dinasti Joseon berkuasa, Seoul dirubah jadi ibu kota kerajaan. Di kota ini ada 5 landmark yang adalah UNESCO World Heritage Site yakni: Changdeok Palace, Hwaseong Fortress, Jongmyo Shrine, Namhansanseong, serta Royal Tombs of the Joseon Dynasty. Landmark serta tempat wisata penting di kota ini diantaranya Gyeongbok Palace, Changdeok Palace, N Seoul Tower, War Memorial of Korea, Gunung Namsan, Gunung Bukhan, Lotte World, Moonlight Rainbow Fountain, serta Myeong-dong. Untuk lebih detilnya mengenai tempat wisata di Seoul dapat dibaca di Wisata Seoul.


2. Busan
Busan - photo oleh Yonguk Kim Tujuan wisata ke-2 ialah Busan. Busan adalah kota metropolitan paling besar ke-2 di Korea sesudah Seoul. Jumlahnya masyarakat kota ini seputar 3,5 juta jiwa pada tahun 2014. Dengan geografis, Busan terdapat di daerah pantai tenggara Korea, di pinggir Sungai Nakdong, sungai terpanjang di Korea yang bersumber di Selat Korea. Daerah Busan dengan Ulsan serta Propinsi Gyeongsangnam-do, adalah ruang industri paling besar di Korea yang diketahui dengan nama “The Southeast Economic Zone”. Busan adalah kota pelabuhan paling besar serta mempunyai pantai terpanjang di semua Korea. Satu diantara perguruan tinggi paling baik di Korea, Pusan National University (PNU), terdapat di kota ini. Landmark serta tempat wisata penting di kota ini diantaranya Pantai Gwangalli, Pantai Haeundae, Beomeosa, Haedong Yonggungsa, Bokcheon Museum, Busan Moderen History Museum, Geumjeongsan, Yongdusan Park, Nampo-dong.

3. Jeju City
Hallasan di Jeju City - photo oleh Mass Ave 975 Destinas wisata ke-3 ialah Jeju City. Jeju City (Jeju-si) ialah ibu kota Propinsi Jeju sekaligus juga adalah kota paling besar di Pulau Jeju (Jeju-do). Jumlahnya masyarakat kota ini seputar 450 ribu jiwa pada tahun 2012. Dengan geografis, Jeju City terdapat di Pulau Jeju, di Selat Korea, di daerah selatan Korea. Seperti dalam Pulau Bali di Indonesia, Pulau Jeju adalah satu diantara arah wisata favorite di Korea serta termasuk juga dalam daftar 7 Wonders of Nature. Pelancong yang bertandang ke pulau ini sejumlah besar berasal dari daratan Korea, Jepang, serta China. Jeju City adalah pintu gerbang ke arah ke Pulau Jeju. Di kota ini ada pelabuhan Jeju serta lapangan terbang Jeju International Airport. Tempat wisata di kota ini diantaranya Yongduam (Dragon's Head Rock), Samseonghyeol, Hallasan National Park, Hallasan, Bunjae Artpia. Sedang untuk tempat wisata di Pulau Jeju, dapat dibaca di Wisata Pulau Jeju.


4. Incheon
Incheon - photo oleh Dogtra_Nick Tujuan wisata ke empat ialah Incheon. Bila rekan-rekan bertandang ke Korea, rekan-rekan pasti datang di kota ini, sebab di sini ada Incheon International Airport, yang adalah lapangan terbang penting di Korea. Incheon ialah kota metropolitan yang terdapat di daerah barat-laut Korea. Incheon adalah kota paling besar ke-3 di Korea sesudah Seoul serta Busan, dengan jumlahnya masyarakat sampai 3 juta jiwa pada tahun 2015. Incheon bersama dengan Propinsi Gyeonggi adalah sisi dari Seoul Capital Ruang. Pada tahun 2007, kota ini membuat program “English City” yang mempunyai tujuan untuk bikin masyarakat Incheon berkomunikasi dengan Bahasa Inggris dalam kehidupan keseharian, seperti dalam Singapore serta Hong Kong. Incheon International Airport yang terdapat di kota ini, adalah satu diantara lapangan terbang paling baik di dunia, sama dengan Lapangan terbang Changi di Singapore. Tempat wisata penting di kota ini diantaranya Muuido, Pulau Ganghwa, Pulau Yeongjong, Pulau Baengnyeong, Bupyeong Station, Chinatown, serta Jayu Park.

5. Gyeongju
Gyeongju Tujuan wisata ke lima ialah Gyeongju. Gyeongju (Gyeongju-si) ialah satu kota yang terdapat di Propinsi Gyeongsang Utara (Gyeongsangbuk-do). Dengan geografis, Gyeongju terdapat di pinggir pantai tenggara Korea. Jumlahnya masyarakat di kota ini seputar 264 ribu jiwa pada tahun 2013. Pada jaman dulu, Gyeongju adalah ibu kota Kerajaan Silla, yang berkuasa di daerah Korea semenjak era ke-7 sampai era ke-9. Beberapa bangunan peninggalan kerajaan itu masih berada di daerah Gyeongju sampai sekarang ini, serta dimasukkan ke daftar UNESCO World Heritage Site. Bangunan-bangunan itu ialah Seokguram, Bulguksa, Gyeongju Historic Ruang, serta Yangdong Folk Village. Tempat wisata lain yang ada di kota ini diantaranya: Gyeongju National Park, Gyeongju National Museum, Cheomseongdae, Anapji, serta Gyerim.

6. Chuncheon
Chuncheon - photo oleh Mark Zastrow Tujuan wisata ke enam ialah Chuncheon. Chuncehon (Chuncheon-si) ialah ibu kota Propinsi Gangwon. Jumlahnya masyarakat kota ini seputar 273 ribu jiwa pada tahun 2012. Dengan geografis, Chuncheon terdapat di daerah utara Korea, diantara Sungai Soyang serta Sungai Han. Di kota ini ada banyak danau besar, yang populer ialah Danau Soyang serta danau Uiyam. Di kota ini ada banyak pulau kecil yang terdapat di saluran sungai, seperti Sangjungdo, Ha-Jungdo, Bungeodo, serta Wido. Satu diantara K-Drama populer, Winter Sonata, sempat memakai daerah Chuncheon jadi tempat syuting, persisnya di pulau resort Namiseom. Tiap tahun, di Chuncheon diselenggarakan beberapa jenis festival misalnya: Puppet Festival, Chicken Ribs & Makguksu Festival, Uiam Jae, Kim – Yu Jeong Munhakje, serta Chuncheon Marathon Festival.



7. Daegu
Daegu - photo oleh Timber Tank Tujuan wisata ke-7 ialah Daegu. Daegu ialah kota metropolitan paling besar ke empat di Korea Selatan sesudah Seoul, Busan, serta Incheon. Jumlahnya masyarakat kota ini seputar 2,5 juta jiwa pada tahun 2015. Dengan geografis, Daegu terdapat di daerah tenggara Korea, di dekat Sungai Geumho serta Sungai Nakdong. Saat Kerajaan Silla berkuasa, Daegu adalah satu diantara kota penting di daerah Korea. Pada saat Dinasti Joseon, Daegu adalah ibu kota Propinsi Gyeongsang. Sekarang ini Daegu adalah satu diantara pusat industri manufaktur di Korea. Daegu populer jadi produsen apel berkualitas hingga seringkali dijuluki jadi “Apple City”. Satu diantara kampus paling baik di Korea, Kyungpook National University (KNU), terdapat di kota ini. Landmark serta tempat wisata penting di Daegu diantaranya Gatbawi, Donghwasa, Pagyesa, Daegu-Hyanggyo, Daegu National Museum, Yangnyeongsi, Duryu Park, serta Seomun Market.

8. Yeosu
Yeosu - photo oleh Junho Jung Tujuan wisata ke-8 ialah Yeosu. Yeosu (Yeosu-si) ialah satu kota yang terlatk di Propinsi Jeolla Selatan (Jeollanam-do). Dengan geografis kota ini terdapat di daerah pantai selatan Korea. Daerah Yeosu dibagi jadi 4 sisi: Old Yeosu City yang sudah ada semenjak tahun 1949; Yeocheon City yang dibuat pada tahun 1986; Yeocheon County yang baru masuk dengan kota ini pada tahun 1998; serta pulau-pulau kecil yang terdapat di pantai selatan Korea. Jumlahnya masyarakat kota ini seputar 295 ribu jiwa pada tahun 2011. Yeosu mempunyai iklim laut yang hangat hingga pada musim panas suhu hawa di kota ini lebih sejuk, serta pada musim dingin suhu hawa tidaklah terlalu dingin. Diluar itu Yeosu mempunyai musim semi serta musim gugur yang lebih panjang dibanding dengan daerah Korea yang lain. Tempat wisata yang berada di kota ini diantaranya: Admiral Yi’s Turtle Ship, Pantai Manseongri, Pulau Dolsan, Pulau Odongdo, serta Dolsan Bridge.

9. Jeonju
Jeonju Bibimbap - photo oleh aka_maya Tujuan wisata ke-9 ialah Jeonju. Jeonju (Jeonju-si) ialah ibu kota Propinsi Jeolla Utara (Jeollabuk-do). Dengan geografis kota ini terdapat di Dataran Honam, daerah barat Korea. Jumlahnya masyarakat kota ini seputar 653 ribu jiwa pada tahun 2015. Nama “Jeonju” dalam Bahasa Korea bermakna “Perfect City” atau “Kota yang Sempurna”. Jeonju diketahui oleh pelancong jadi pusat kuliner ciri khas Korea, yang paling populer ialah Jenju Bibimbap. Pada tahun 2012, Jeonju mendapatkan penghargaan jadi Creative City for Gastronomy, yang adalah sisi dari UNESCO’s Creative Cities Network. Penghargaan ini diberi kepada warga Jeonju tetap pelihara langkah memasak dengan tradisionil sepanjang beberapa ribu tahun, serta festival-festival kuliner lokal yang tetap diselenggarakan di kota ini. Tidak hanya kuliner, tempat wisata yang seringkali didatangi di Jeonju ialah Jeonju Hanok Village (Hanok Maeul) serta National Jeonju Museum.



10. Daejeon
Daejeon - photo oleh Yoo Chung Tujuan wisata ke-10 ialah Daejeon. Daejeon ialah kota metropolitan paling besar ke lima di Korea Selatan sesudah Seoul, Busan, Incheon, serta Daegu. Dengan geografis, Daejeon terdapat di daerah tengah Korea. Dari Seoul, Daejeon berjarak seputar 167 km serta bisa ditempuh dengan high-speed train KTX dengan waktu pintas cuma seputar 50 menit. Jumlahnya masyarakat kota ini seputar 1,5 juta jiwa pada tahun 2014. Daejeon diketahui jadi pusat riset serta tehnologi di Korea, hingga seringkali dijuluki jadi “Asia’s Silicon Valley”. Beberapa perguruan tinggi serta pusat riset terkenal di kota ini diantaranya Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST), Chungnam National University, serta Korea Institute of Science and Technology Information (KISTI. Landmark serta tempat wisata penting di kota ini diantaranya: Expo Science Park, Hanbit Tower, Expo Bridge, National Science Museum, Daejeon Museum of Art, serta Yuseong Foot Spa.

Nah, itu 10 tujuan wisata penting yang seringkali didatangi oleh beberapa traveler di Korea Selatan. Untuk lihat foto-foto di negara ini, dapat disaksikan di Galeri Photo Korea Selatan. Mudah-mudahan berguna. Sampai jumpa di trip selanjutnya!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

8 Tempat Wisata Di Girona Yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata Di Crimea Tujuan Wisatawan Dunia

Wisata di Songgon Banyuwangi