10 Tempat Wisata di Jambi yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Jambi. Jambi ada di pesisir timur Pulau Sumatera. Sama dengan Gorontalo serta Bengkulu, propinsi ini mempunyai nama yang sama juga dengan ibu kotanya. Bila disaksikan waktu lalunya, Jambi jadi satu diantaranya lokasi yang ada dibawah kekuasaan Kerajaan Sriwijaya, hingga tidak mengherankan bila diketemukan kompleks candi besar di sini.


Jambi tidak cuma tentang peninggalan Kerajaan Sriwijaya. Di sini, terdapat beberapa obyek wisata yang menarik untuk didatangi. Bila ada di Jambi, luangkan waktu Anda untuk hadir ke obyek wisata ini agar bisa kenal Jambi lebih dekat.



Kompleks candi ini dikatakan sebagai candi beraliran Buddhisme peninggalan Kerajaan Sriwijaya serta Melayu. Obyek wisata di Jambi ini pula dikatakan sebagai kompleks candi terluas di Indonesia. Pada tahun 2009, UNESCO memutuskan candi yang berbentuk formasi batu bata merah ini menjadi satu diantaranya situs warisan dunia yang harus dilindungi.

Diketemukan oleh S.C Crooke, seseorang letnan Inggris, pada tahun 1820, Candi Muaro Jambi lalu dipugar oleh pemerintah Indonesia pada tahun 1975. Sampai sekarang ini, terhitung ada 61 buah candi yang sejumlah besar masih tetap tertutup tanah.

Tidak hanya candi, diketemukan pula perkakas rumah tangga yang menunjukkan jika lokasi ini dahulu dipakai menjadi rumah beberapa biksu. Ada pula keramik Cina dari dinasti Song yang mengisyaratkan terdapatnya jalinan intermasional pada Kerajaan Sriwijaya dengan bangsa Cina dulu.

Obyek wisata budaya ini ada di Kecamatan Muaro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, atau seputar 26 km dari pusat kota Jambi.


Tanggo rajo ini tidak berlainan jauh dengan Taman Alun-alun Kapuas atau Pantai Losari yang tawarkan wisata kuliner di pinggir perairan. Obyek wisata di Jambi yang banyak didatangi pada sore serta malam ini ialah tempat yang pas untuk nikmati panorama Sungai Batanghari yang adalah sungai terpanjang di Sumatera.

Tidak hanya panorama Sungai Batanghari serta matahari tenggelam, Anda dapat juga nikmati kuliner yang banyak di jual di warung tenda seputar obyek wisata ini. Menanti peristiwa matahari tenggelam sekalian nikmati jagung bakar bersama dengan orang tercinta di sini pasti akan menyenangkan. Di akhir minggu, obyek wisata di Jambi ini banyak didatangi pemancing.

Tidak hanya dipakai menjadi tempat rekreasi, Tanggo Rajo pula sering jadikan tempat peringatan HUT Jambi serta beberapa acara besar yang lain. Obyek wisata ini ada di Jalan Sultan Thaha, Pasar Jambi.



Nyatanya, Monas atau Monumen Nasional tidak cuma dipunyai oleh Jakarta saja. Di Jambi, ada tiruan monumen ini, persisnya di bundaran kompleks pemerintah kota.

Monas ini jadi satu diantaranya obyek wisata di Jambi yang banyak didatangi pengunjung untuk menunjukkan kemiripannya dengan Monas di Jakarta. Bila disaksikan selintas, Monas Jambi ini memang serupa memiliki bentuk, akan tetapi memiliki ukuran lebih kecil. Hal-hal lain yang memperbedakan ialah terdapatnya empat buah jam dinding di tiap-tiap sisinya serta empat buah ukiran berupa angsa di bawahnya.



Kompleks ini adalah obyek wisata terpadu yang tawarkan fasilitas berolahraga, taman rekreasi serta wisata budaya. Pada umumnya, kompleks ini dibagi jadi dua sisi, Taman Mini serta Taman Rimba.

Taman Mini ini adalah obyek wisata di Jambi yang mendatangkan miniatur budaya yang berada di propinsi ini. Konsepnya sama juga dengan Taman Mini yang berada di Jakarta, yakni tampilkan tiruan bangunan ciri khas daerah. Perbedaannya, bila di Jakarta yang dipertunjukkan ialah budaya semua daerah di Indonesia, di sini yang dipertunjukkan cuma budaya tiap-tiap kabupaten di Jambi.

Baca juga : harga tiket masuk claketadventure park dan lokasi claket adventure park

Obyek wisata yang lain ialah Taman Rimba yang adalah kebun binatang kebanggaan masyarakat Jambi. Seperti kebun binatang dalam tempat lainnya, di sini juga Anda dapat lihat bermacam spesies binatang. Yang menarik ialah terdapatnya sangkar burung berupa 1/2 lingkaran kaca raksasa yang berisi beragam type burung mulai dari burung bangau sampai burung kasuari.

Tidak hanya Taman Mini serta Taman Rimba, di kompleks seluas 18 hektar ini ada juga stadion berolahraga yang tetap ramai dipakai waktu akhir minggu.

Obyek wisata di Jambi yang banyak didatangi ini ada di Jalan Sunaryo atau cuma seputar 500 meter dari Bandara Sultan Thaha Syaifuddin.



Kolam renang ini ada di Jalan Kapt. Sujono, Kecamatan Kota Baru, atau seputar 6 km dari pusat kota Jambi.

Kolam dengan ukuran 20 x 50 meter persegi ini sudah berstandar internasional. Ada kolam renang dewasa serta kolam renang anak di obyek wisata ini. Kolam Renang Tepian Rajo teratur dipakai menjadi tempat berenang beberapa sekolah di seputar. Tidak cuma renang, kolam ini pula sering diselenggarakan latihan serta laga polo air.



Danau Sipin juga dikenal dengan Solok Sipin oleh masyarakat ditempat. Kata ‘solok’ dalam bahasa ditempat bermakna danau. Danau ini ada di Simpang Baluran Ketahui, Kecamatan Telanaipura.

Tidak hanya menjadi satu diantaranya obyek wisata di Jambi, danau ini adalah tempat budidaya ikan air tawar seperti ikan mujair serta nila. Di dalam danau, Anda dapat lihat banyak keramba serta jala punya nelayan. Bila ingin lihat kegiatan nelayan dari dekat, Anda dapat menyewa perahu untuk berkeliling-keliling danau. Perahu itu dapat menyimpan 3 – 4 orang dengan cost sewa 5.000 Rupiah per orang.

Senang berkeliling-keliling serta terasa lapar? Anda dapat singgah ke jejeran warung makan yang berada di seputar danau. Ikan yang dibuat juga ditanggung fresh sebab adalah hasil tangkapan baru nelayan ditempat.



Taman anggrek ini ada di Jalan Ahmad Yani atau di muka kantor gubernur Jambi. Obyek wisata ini menyiapkan info tentang langkah perawatan anggrek yang baik serta pas sesuai macamnya.

Obyek wisata di Jambi ini banyak didatangi pengagum bunga dari dalam ataupun luar kota. Anda dapat temukan lebih dari 60 type bunga anggrek di taman seluas 2,5 hektar ini. Untuk dapat lihat dengan cara langsung bunga-bunga cantik ini, Anda akan dipakai cost 2.000 Rupiah untuk dewasa serta untuk anak-anak 1.500 Rupiah.

Anda akan tidak pulang dengan tangan kosong dari Taman Anggrek Sri Soedewi sebab ada bibit bunga yang dikasihkan dengan gratis untuk Anda bawa serta ke rumah. Sesudah mendapatkan info tentang bagaimanakah cara menjaga bunga anggrek dengan benar, Anda dapat mempraktikkannya di dalam rumah dengan bibit itu.



Bila Anda suka pada wisata budaya serta riwayat, jadi hadir ke Museum Negeri Jambi ialah pilihan yang pas. Obyek wisata ini ada di Jalan Urip Sumoharjo Nomer 1, Jambi.

Bangunan museum ini dibikin mirip Rumah Kajang Lako yang adalah rumah kebiasaan di Jambi. Di sini, Anda dapat temukan banyak koleksi benda bersejarah serta berharga seni budaya Jambi dari waktu ke waktu seperti perlengkapan berburu, anyaman ciri khas Jambi, batik tenun dengan motif bunga yang ciri khas juga binatang yang diawetkan.

Obyek wisata di Jambi ini membuka sehari-hari Senin sampai Kamis pada jam 08:00 – 15:00 serta Jumat pada jam 07:15 – 11.00. Hari Sabtu, Minggu serta hari libur nasional museum ini tutup. Sedang cost masuk museum ialah 3.000 Rupiah untuk dewasa serta 1.000 Rupiah untu anak-anak.



Masjid ini dikenal juga dengan panggilan Masjid Seribu Tiang. Perihal ini karena uniknya bangunan masjid ini. Masjid dipenuhi oleh tiang penyangga tanpa ada dinding hingga perputaran hawa serta sinar dapat berjalan mulus. Walau dijuluki Masjid Seribu Tiang, jumlahnya tiang yang ada sebetulnya cuma 256 buah saja.

Masjid Agung Al Falah dibuat dalam tempo sembilan tahun yakni pada tahun 1971 s/d tahun 1980. Obyek wisata budaya ini dapat menyimpan sampai 10.000 orang jamaah. Masjid yang tidak memiliki pintu serta jendela ini ada di Jalan Sultan Thaha Nomer 60, Legok, Kecamatan Telanaipura.



Bila Anda suka mengumpulkan keramik, jadi janganlah terlewat lokasi Pasar Sitimang di Jalan Sisingamangaraja. Pasar ini sudah diketahui menjadi pusat penjualan keramik di Jambi semenjak tahun 1980an.

Di pasar ini, Anda dapat temukan keramik dalam bermacam-macam seperti toples, guci, perlengkapan makan sampai hiasan rumah. Keramik-keramik yang di jual di sini di kirim langsung dari Cina serta motifnya susah Anda dapatkan dalam tempat lainnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

8 Tempat Wisata Di Girona Yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata Di Crimea Tujuan Wisatawan Dunia

Wisata di Songgon Banyuwangi